Maknai Kebangkitan Nasional, Menkominfo Ajak Lawan Hoaks Dan Gunakan Aplikasi Lokal

  • 13 Mei 2018
Maknai Kebangkitan Nasional, Menkominfo Ajak Lawan Hoaks dan Gunakan Aplikasi Lokal

Jakarta, Kominfo – Setiap tahunnya Bangsa Indonesia memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) pada tanggal 20 Mei. Pada Peringatan yang ke-110 ini, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak untuk memaknai Kebangkitan Nasional di masa kini dengan gerakan melawan konten negatif dan menggunakan aplikasi buatan dalam negeri. 

“Jaman dulu (memaknai Kebangkitan Nasional, red.) bisa dalam bentuk rapat, angkat senjata. Hari ini, Kebangkitan Nasional kita maknai sebagai bangkitnya Bangsa Indonesia, bangkitnya anak-anak muda memerangi hoaks, hate speech, konten negatif yang menghasut mengadu domba,” katanya dalam rangkaian kegiatan Car Free Day untuk Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-110 di Lapangan Parkir Sarinah, Jakarta, Minggu (13/05/2018).

Menteri Rudiantara turut mengajak masyarakat bersama-sama menurunkan konten negatif dari media sosial. “Saya pesan, kalo ada gambar-gambar, foto di media sosial, messenger system kita, yang katakanlah kejadian yang tidak layak terutama untuk anak-anak, apapun itu, kita turunkan. Jangan buat anak-anak kita ketakutan, karena itu yang diinginkan oleh yang membuat teror. Bangsa kita bukan bangsa penakut,” himbau Menkominfo.

Menurut Menteri Kominfo, jika perlu masyarakat dapat mengajukan aduan langsung kepada penyelenggara media sosial yang menyebarkan konten tidak layak tersebut. “Kalau perlu kita sama-sama kirim komplain ke platform penyelenggaranya, kita minta kontennya turunkan. Untuk Indonesia yang lebih baik,” tegasnya.

Gunakan Aplikasi Anak Bangsa

Di depan para peserta perayaan HARKITNAS 2018, Menkominfo Rudiantara juga menghimbau agar masyarakat menggunakan aplikasi buatan anak bangsa. “Sesekali pakai aplikasi Nasional, buatan anak bangsa. Saya pakai PesanKita. Memang kurang luwes, tidak apa-apa. Lama-lama kalau kita pakai pasti luwes, karena pasti akan besar (berkembang, red.)” tegasnya.

Rangkaian peringatan HARKITNAS 2018 ini dilaksanakan serentak di 3 kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Mengangkat tema “Pembangunan SDM Memperkuat Pondasi Kebagnkitan Nasional Indonesia di Era Digita,” perayaan ini diisi dengan Gerakan Jalan Sehat Sambil Mengumpulkan Sampah, Permainan Tradisional, dan Food Truck. (VY)

  • 13 Mei 2018

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita