Peringatan Hari Bhayangkara Ke-65 Tahun 2011di Kabupaten Bangli

  • 04 Juli 2011
Peringatan Hari Bhayangkara Ke-65 Tahun 2011Di Kabupaten Bangli

Sebagai antisipasi atas meningkatnya radikalisma, terorisme dan kekerasan horizontal di kalangan masyarakat, jajaran kepolisian dalam hal ini harus siap siaga terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi. Kita tidak boleh lengah, kita harus tetap waspada  Karena jangan sampai terjadi hilangnya rasa aman ditengah – tengah masyarakat dan rasa ketakutan masyarakat terhadap tinda kejahatan (fear of crime) dimana kita menyerah pada kejahatan. Demikian disampaikan Presiden RI DR. H. Susilo Bambang Yudhoyono dalam sambutannya yang dibacakan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Drs. Hariadi, SH saat peringatan Hari Bhayangkara ke – 65 tahun 2011 di Kabupaten Bangli. Acara yang dilaksanakan di Lapangan Polsek Kintamani dihadiri oleh Bupati Bangli I Made Gianyar, SH.M.Hum, Muspida Bangli dan Jajaran Polres Bangli.
          Lebih lanjut disampaikan, hari bhayangkari tahun ini mengangkat tema bear dengan “ Tiga Kunci Utama “ yakni melaksanakan kemitraan, memantapkan revitalisasi Polri dan mewujudkan pelayanan prima. Tema ini sangat tepat dan relevan dengan tugas utama Polri di era revormasi saat ini. Kemitraan utmanya dengan masyarakat merupakan factor yang sangat mendukung terhadap kinerja Polri. Tanpa kemitraan yang erat dengan masyarakat, mustahil Polri dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik dan berhasil. Revitalisasi Polri juga sagat strategis, mengingat dalam beberapa tahun terakhir Polri terus menjalankan reformasi internal untuk mewujudkan postur Polri yang makin taktis, makin reformis, dan makin humanis.
          Sejalan dengan pesatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama teknologi komunikasi dan informasi, maka tantangan dan tuntutan masyarakat terhadap pelayanana Polri semakin kompleks dan dinamis, karena masyarakat mendambakan pelayanan yang lebih baik dalam pemeliharaan kamtibnas, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan pada masyarakat. Karena itu segenap jajaran kepolisian dituntut untuk meningkatkan kemampuan (capacity building) personal dan mencari terobosan terobosan kreatif yang mampu menciptakan situasi kantibnas yang lebih kondusif serta mampu mengemban tugas pemberantasan segala bentuk tindak kejahatan dalam upaya penegakan hukum demi terwujudnya keamanan nasional.
Presiden juga menyampaikan pesan dan instruksi kepada segenap jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia  agar selalu bersikap responsive dan penuh empati dalam melayani masyarakat dari berbagai lapisan. Meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap berbagai kemungkinan tindak kekerasan dan kriminalitas agar aparat kepolisian tidak sering terdadak dalam menangani konflik komunal dan aksi criminal yang bersifat massal dan segenap unsur pimpinan Polri di semua tingkatan untuk lebih memantapkan keteladanan dalam kepemimpinan, serta mempererat soliditas internal Polri guna memastikan pelaksanaan tugas yang lebih efektif dan lebih berkualitas sesuai dengan amanat konstitusi.
          Dalam sambutan Kapolri Drs. Timur Pradopo yang dibacakan kabid Hukum Polda Bali R. Purwadi menyampaikan, dihari yang bersejarah ini merupakan momentum yang sangat tepat bagi jajaran Polri untuk melakukan introspeksi diri dan retrospeksi terhadap kinerja yang telah dilakukan selama ini, serta sejauh mana Polri telah mampu mengemban amanah yang dipercayakan oleh masyarakat, bangsa dan Negara.
Dikatakan juga, sebagaimana prinsip hari esok harus lebih baik dari hari ini, maka peringatan hari bhayangkara ke 65 ini juga harus dijadikan sebagai batu pijakan untuk melangkah maju kearah yang lebih baik, melalui berbagai upaya penguatan serta perbaikan terhadap berbagai kelemahan dan kekurangan Polri dalam mengemban tugas pengabdianya sebagai pemelihara keamanan, ketertiban masyarakat, penegak hukum, serta pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.
Sementara itu Bupati Bangli Made Gianyar menyanpaikan ucapan selamat hari bhayangkara ke 65 kepada segenap anggota dan keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). “semoga hari bhayangkara tahun ini, dapat menjadi momentum bagi Polri untuk dapat lebih memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat, serta dapat menjalankan tugas dengan penuh kesungguhan, keteguhan, keiklasan, dan pengabdian terbaik bagi rakyat, bangsa dan Negara Indonesia “ harapnya. 

  • 04 Juli 2011

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita